Rabu, 21 Oktober 2009

Kecanduan......

Kecanduan?? Iya, sepertinya perasaan seperti itu yang saya rasakan. Ketika saya tidak melakukan hal tersebut maka perasaan tidak nyaman, tidak bisa tidur, merasa seperti ada yang kurang, muncul dalam diri saya. Seperti orang yang kecanduan kan?? Tapi jangan berpikiran negative dulu, perasaan seperti yang saya ungkapkan tadi muncul ketika saya lupa berdoa malam sebelum tidur. pernah suatu kali karena terlalu lelah maka saya langsung tertidur tanpa sempat berdoa malam dulu, paginya ketika saya bangun, saya merasakan seperti ada sesuatu yang kurang, perasaan yang tidak nyaman dalam diri saya, ketika saya sadari ternyata semalam saya lupa berdoa sebelum tidur. Perasaan tidak nyaman, seperti ada yang kurang itu terus terbawa sepanjang hari walaupun paginya saya juga telah berdoa namun tetap saja sepanjang hari itu saya merasa tidak nyaman dan merasa ada yang kurang dalam diri saya, persis seperti orang yang kecanduan.
Ternyata ada juga kecanduan dalam arti yang positif, selama ini ketika mendengar kata kecanduan maka pikiran kita selalu mengarah pada hal-hal yang negative. Kecanduan selalu dikonotasikan dengan hal-hal yang negative.
Saya jadi ingat salah satu anak sekolah minggu, anak ini mempunyai kebiasaan ketika datang ke sekolah minggu dia selalu menyalami semua kakak-kakak sekolah minggunya yang sedang berkumpul di depan kelas. Memang di gereja kami guru-guru sekolah minggunya memiliki kebiasaan sebelum memulai pelayanan sekolah minggu kami selalu berkumpul didepan pintu masuk kelas gedung serba guna, untuk berdoa memulai pelayanan kami. Lalu suatu ketika karena kami sedang sibuk mempersiapkan acara khusus, kami tidak berkumpul di depan kelas gedung serba guna, kami juga tidak menyadari anak ini sudah datang, ketika kami mau berdoa memulai sekolah minggu, kami melihat anak ini turun dari lantai dua dan khusus turun hanya untuk menyalami kakak-kakak sekolah minggunya. Sepertinya bagi anak ini kebiasaan menyalami kakak-kakak sekolah minggunya sebelum sekolah minggu dimulai sudah merupakan kebiasaan yang tidak bisa tidak ia lakukan, sudah seperti kecanduan, namun dalam hal yang positif.
Ternyata banyak kecanduan dalam hal-hal positif yang ada disekitar kita. Kecanduan menolong orang yang benar-benar membutuhkan, ia terbiasa menolong orang, sehingga ketika ia melihat ada orang yang benar-benar membutuhkan pertolongan maka ia selalu siap menolong dan bila suatu ketika saat ia melihat orang yang benar-benar membutuhkan pertolongan dan ia tidak menolong, pasti akan muncul perasaan tidak nyaman dalam dirinya.
Kecanduan menyapa orang dengan sopan, orang seperti ini memiliki kebiasaan menyapa semua orang dengan sopan sehingga bila suatu ketika ia menyapa orang dengan ketus dan sinis maka pasti akan timbul perasaan tidak nyaman, seperti ada sesuatu yang salah.
Kecanduan memaafkan, orang ini tidak akan menyimpan dendan kepada orang lain, apalagi bila orang yang berbuat salah padanya itu telah meminta maaf, orang seperti ini akan merasakan tidak nyaman bila ia menyimpan dendam pada orang lain.
Masih banyak lagi contoh-contoh kecanduan dalam hal-hal positif. Tapi mungkin ada juga kecanduan yang kita pikir positif namun ternyata tidak baik, kecanduan kerja yang mengakibatkan kita lupa dengan prioritas-prioritas utama dalam hidup kita, atau kecanduan membaca yang membuat kita marah dan tidak ingin diganggu bila sedang membaca walaupun sebenarnya saat itu ada seseorang yang membutuhkan bantuan kita. Mungkin masih banyak lagi kecanduan-kecanduan yang kita pikir positif namun ternyata tidak baik. Lalu bagaimana caranya untuk mengukur bahwa kecanduan ini benar-benar positif dan baik?? Ada dua hal untuk mengukurnya. yang pertama, apakah hal itu berguna. Berguna bagi kita dan berguna juga bagi orang lain. Yang kedua, apakah hal itu membangun. Membangun kita, membangun sesama dan membangun hubungan kita dengan Tuhan. Bila kedua hal itu menjadi hasil akhir dari kecanduan kita, maka kecanduan kita itu adalah positif dan baik.
Lalu bagaimana kita dapat mengembangkan kecanduan-kecanduan dalam hal-hal positif?? Selalu biasakan untuk melakukan hal-hal yang baik itu, yang berguna dan yang membangun. Dengan kita selalu membiasakan diri kita untuk selalu melakukan hal-hal baik dan positif itu maka kita akan kecanduan melakukan hal positif itu. sehingga dalam melakukan hal-hal yang baik dan positif itu, tidak lagi akan menjadi beban untuk kita dan membuat kita terpaksa melakukannya. bahkan kita akan merasa damai, nyaman dan sukacita setiap kali kita melakukan hal-hal baik dan positif itu.
Marilah kita bersama-sama belajar mengembangkan kecanduan dalam hal-hal positif. Marilah kita membiasakan diri kita untuk selalu melakukan hal-hal baik dan positif, yang berguna dan membangun.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar