Sabtu, 05 September 2009

Talenta

Berbicara tentang talenta, tentu yang terlintas pada pikiran kita adalah apa yang menjadi sesuatu yang begitu spesial yang kita miliki yang mungkin tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Kita akan berpikir bahwa talenta itu sepertinya sesuatu yang bisa membuat kita menjadi pusat perhatian bagi orang lain. Apa yang tidak ada pada saya dan apa yang sudah ada. Apa yang saya tidak punya dan apa yang saya punya. Kita cenderung menganggap talenta sebagai alat yang dapat memuaskan keingginan dan ambisi kita sendiri, bahkan ketika kita merasa kita tidak memiliki talenta sesuai dengan keinginan kita, kita akan berusaha mati-matian untuk mendapatkan talenta itu semata-mata untuk memuaskan ambisi pribadi kta.
Tetapi apakah pemikiran kita atau anggapan kita tentang talenta seperti yang diatas tadi, seperti yang selama ini kita pikirkan itu sudah benar?? Oleh karena itu marilah kita kembali pada Alkitab untuk bersama-sama melihat dan mencari tahu apakah talenta itu?? Bagaimana kita harus menyikapi dan menggunakan talenta yang ada pada kita??
Dalam kamus Alkitab, talenta itu adalah ukuran timbangan sebesar 3000syikal atau 34KG. Sedangkan dalam PB, talenta adalah ukuran uang yang sangat besar nilainya, 1talenta =6000 dinar. Dan dalam kamus besar bahasa Indonesia, talenta diartikan sebagai pembawaan seseorang sejak lahir atau bakat.

Dalam Injil Matius 25:14-30, perumpamaan tentang talenta, kita diajar untuk mengerti arti talenta yang ingin disampaikan oleh Yesus, kita diajar untuk melihat bagaimana cara kita menyikapi talenta yang ada pada kita. Dalam perumpamaan tentang talenta ini Yesus bukan ingin berbicara semata-mata tentang talenta dalam arti ukuran uang 6000 dinar, Yesus menggunakan perumpaman talenta untuk menjelaskan tugas dan tanggung jawab kita sebagai hamba dalam konteks kerajaan Allah. Ada beberapa hal pokok yang bisa kita pelajari dari perumpamaan tentang talenta yang ada dalam Injil Matius 25:14-30 ini, yang pertama, Yesus ingin mengatakan bahwa sesungguhnya setiap orang diberikan talenta, tidak ada satupun orang yang tidak diberikan talenta olehNya. Dalam I Korintus 12:11 mengatakan “tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia pada tiap-tiap orang secara khusus seperti yang dikehendakiNya”. Jadi jelas, Dia memberikan talenta kepada tiap-tiap orang, tidak ada seorangpun yang tidak diberikanNya talenta.
Yang kedua, setiap talenta itu berasal dari Tuhan, Dia yangmemberikan talenta itu kepada kita, kita tidak dapat memaksa dan memerintah Dia untuk memberikan talenta sesuai dengan keinginan atau ambisi kita. Dia yang mempunyai talenta maka sepenuhnya Dia yang berkuasa untuk menentukan dan memberikan talenta itu kepada kita. Tapi satu hal yang pasti, Dia mengetahui kemampuan kita sehingga Dia memberikan karunia talenta itu sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, Matius 25:15 “yang seorang diberikanNya lima talenta, yang seorang lagi dua, dan yang seorang lagi satu, masing-masing menurut kemampuannya”.
Yang ketiga,Dia tidak hanya menitipkan hartanya atau talentaNya begitu saja, Dia menuntut tanggung jawab kita untuk menggunakan dan mengembangkan talenta yang di berikanNya kepada kita. Dia tidak melihat jumlah dari yang kita dapatkan, tapi Dia melihat bagaimana sikap dan tanggung jawab kita untuk menggunakan talenta yang telah Dia berikan untuk kita. Mat 25:21 “maka kata tuannya itu kepadanya, baik sekali perbuatanmu itu hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia dalam perkara kecil, Aku akan memberikan padamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu”.
Yang keempat, setiap orang yang tidak menggunakan dan mengembangkan talenta yang telah diberikan kepadanya dengan benar, maka talenta yang telah diberikan dan yang ada padanya akan diambil daripadanya, Matius 25:29 “karena setiap orang yang mempunyai kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil daripadanya”.
Yang kelima, talenta yang diberikanNya kepada kita itu mempunyai maksud, yaitu untuk memperluas kerajaanNya, Matius 25:27b “supaya sekembalinya aku menerimanya serta dengan bunganya”.
Tuhan memberikan kita talenta sebagai alat untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaanNya di dunia, apapun juga talenta yang diberikanNya kepada kita haruslah kita pergunakan dengan tujuan untuk membangun kerajaanNya dan membangun sesama kita, I Korintus 14:26 “jadi bagaimana sekarang saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu. Yang seorang pemazmur, yang lain pengajar, atau pernyataan Allah atau karunia berbahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun”.

Dengan demikian sekarang kita telah mengetahui arti talenta yang dimaksudkan dalam perumpamaan talenta tadi. Talenta adalah segala sesuatu yang diberikan Allah kepada kita sebagai anugerah dalam rangka memperlebar kerajaan Allah, talenta yang telah diberikan kepada kita bukan untuk kita simpan ataupun kita pergunakan untuk kesenangan pribadi atauambisi pribadi kita, melainkan harus kita pergunakan untuk pekerjaan-pekerjaan Allah didunia.
Amin.

11 komentar:

  1. terima kasih Sonny untuk artikelnya ...

    BalasHapus
  2. Sangat membantu tugas agama anak saya...trims...

    BalasHapus
  3. Sangat membantu tugas agama anak saya...trims...

    BalasHapus
  4. Shalom, bagaimana kah caranya kita mengetahui bahwa talenta kita telah terjadi multiplikasi dalam aplikasikan kehidupan kita sehari hari?

    BalasHapus
  5. Puji Tuhan, renungan yg menambah wawasan dalam menggali maksud dan arti ayat2 Alkitab yg belum kami pahami secara benar.

    BalasHapus
  6. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/09/taipanqq-jangan-salah-mengira-anda.html
    http://updatetaipanbiru.blogspot.com/2018/09/taipanqq-jangan-harap-bisa-ubah-8-hal.html


    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus
  7. Mksi kak udh membantu pr saya

    BalasHapus
  8. https://m.youtube.com/watch?v=eQUWrgyASw0

    BalasHapus