Jumat, 08 Januari 2010

Lebih Mudah Mengingat Peristiwa Setahun Daripada Mengingat .......

Belum genap sebulan kita menjalani tahun 2010 ini tapi mungkin telah begitu banyak peristiwa yang harus kita hadapi, mungkin peristiwa senang atau peristiwa sedih. Ketika kita harus menghadapi peristiwa sedih diawal tahun ini, mungkin peristiwa itu akan membuat kita mulai goyah dan mulai sedikit pesimis menghadapi tahun 2010 ini. Pikiran kita mulai membuat kita melupakan penyertaan Tuhan sepanjang tahun yang lalu. Secara manusiawi memang kita lebih mudah untuk mengingat semua peristiwa-peristiwa yang telah kita lalui setahun kemarin dibandingkan dengan mengingat berkat-berkat dan penyertaan Tuhan dalam setahun kemarin, dan yang lebih mengkwatirkannya lagi, kita kadang-kadang lebih mudah untuk mengingat dan mengenang hal-hal yang menyedihkan setahun yang lalu disaat kita sedang menghadapi peristiwa sedih daripada kita mengingat penyertaan Tuhan kepada kita untuk melalui peristiwa yang menyedihkan itu. Justru mengingat peristiwa-peristiwa sedih itu tanpa mengingat juga penyertaan Tuhan yang membantu kita melewati peristiwa sedih itu akan membuat kita semakin pesimis dalam menjalani tahun yang baru saja kita lewati beberapa hari ini.
Beberapa hari yang lalu saya menutup tahun 2009 dan memulai tahun 2010 dengan berjumpa dengan beberapa teman-teman saya yang telah lama tidak bertemu, secara otomatis muncul kembali kenangan dari peristiwa-peristiwa lama yang telah saya lalui. Saya baru sadar ternyata telah begitu banyak peristiwa-peristiwa baik yang menyedihkan maupun yang menyenangkan yang telah saya laui meskipun saya melaluinya dengan kondisi saya yang tidak sempurna 100%, banyak peristiwa yang membuat saya sedih, takut dan bimbang saat mengenangnya, namun saya tidak ingin kenangan saya berhenti sampai pada kesedihan, ketakutan dan kebimbangan akan peristiwa-peristiwa itu, saya meneruskan ingatan saya akan bagaimana penyertaan dan berkat-berkat Tuhan yang diberikan untuk saya dapat melalui semua peristiwa yang menyedihkan, menakutkan dan membimbangkan itu. Kenangan akan semua penyertaan dan berkat Tuhan kepada saya untuk menghadapi peristiwa-peristiwa itu membuat saya optimis dan berani menatap hari baru untuk memulai hari-hari ditahun yang baru ini. Saya tahu Tuhan tidak pernah menjanjikan hidup yang selalu lurus dan senang sepanjang tahun, namun bila Ia sangup dan telah menyertai saya dalam melewati peristiwa-peristiwa besar dalam sepanjang hidup saya selama ini, maka tentu Ia pun akan sanggup dan selalu menyertai saya melewati hari-hari dalam tahun yang baru ini. Oleh karena itu teman-teman, saya ingin mengajak kita semua untuk kembali berfokus dan mengingat segala berkat dan penyertaanNya kepada kita sepanjang tahun yang lalu, yang akan menjadi bekal kita untuk menatap dan melalui hari-hari ditahun yang baru ini. Mungkin saat ini kita telah menemui peristiwa yang menyedihkan ataupun menakutkan diawal tahun ini, namun satu yang pasti yang dapat selalu kita pegang, bila Ia sanggup dan selalu menyertai kita dalam melewati peristiwa-peristiwa apapun juga ditahun yang lalu, maka Ia pun akan sanggup dan senantiasa memberkati dan menyertai kita melewati hari-hari dalam tahun ini, tidak perduli kita akan menghadapi peristiwa senang ataupun sedih, peristiwa bahagia ataupun menakutkan, namun satu yang pasti selama kita menjadi AnakNya kita tidak perlu takut melewati peristiwa-peristiwa itu karena Ia telah membuktikan Ia tidak pernah melepaskan kita berjalan sendiri, berkat dan penyertaanNya selalu tersedia untuk kita setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap tahun. Selamat menjalani hari-hari di tahun 2010.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar